BUMI PENDIDIKAN VOL. 2 : 5 Langkah Untuk Membuat Presentasi Kamu Diperhatikan Audiens

8:05 PM




5 Langkah Untuk Membuat Presentasi Kamu Diperhatikan Audiens
Halo teman-teman MP-ers, BUMI PENDIDIKAN edisi 2 kali ini bakal menghadirkan konten yang berbeda dari tulisan pertama. Pasti bosen kan kalau isinya cuma tulisan-tulisan

kritis tentang pendidikan =(. Berangkat dari hal tersebut, Bumi Pendidikan edisi 2 akan menghadirkan konten menarik yang akan membantu MP-ers dalam berjalannya kuliah. Yaitu TIPS & TRICK SEPUTAR PRESENTASI!!!!
Bicara mengenai presentasi, sudah pasti tidak asing lagi ditelinga teman-teman MP. Hampir seluruh mata kuliah MP pasti mengadakan tugas presentasi sebagai strategi pembelajaran yang diterapkan. So? Pasti temen-temen sering dong merasakan dicuekin ketika presentasi, ngeliat temen menguap ketika presentasi, sampai dikomenin sama dosen uzur karena presentasi kita membosankan :(.

SO JANGAN KHAWATIR, Bumi Pendidikan punya jalan keluarnya buat memberantas itu semua =D. Let’s check this out! 

1.Buat Contoh Yang Personal
Ide presentasi kreatif lainnya adalah untuk mengkhususkan pembicaraanmu kepada audiens yang spesifik pada tiap kesempatan. Apakah penguji skripsi bertampang serius, audiens pada sebuah presentasi kelas, atau seorang investor sponsor potensial untuk acara kamu, kamu dapat selalu menyesuaikan dan mengkhususkan pengalaman presentasimu pada audiens tertentu. Berikan contoh dalam presentasimu yang melibatkan audiens dan tunjukkan bagaimana solusimu akan menguntungkan mereka.
Orang mungkin tidak peduli (atau mungkin berpikir mereka tidak peduli) tentang solusimu jika itu mendiskusikan hal yang umum. Namun pada saat orang menyadari bahwa itu sesuatu yang secara langsung mempengaruhi dan memberi manfaat pada mereka secara pribadi, mereka akan mulai memberi perhatian!. Tunjukkan audiens efek langsung presentasimu dengan melibatkan mereka dalam contoh, dan kamu akan mendapatkan perhatian penuh mereka dan separuh jalan mencapai kata ya!

2. Bertanya Pada Momen Krusial
Pernyataan terdengar basi dan sudah ditebak. Khususnya selama presentasi. Karena presentasi pada dasarnya terdiri dari kumpulan pernyataan yang dikumpulkan bersama, satu pernyataan tambahan tidak akan menarik audiens—tidak bahkan pernyataan yang luar biasa. Namun bagaimana jika kamu mengajukan pertanyaan?
Sebuah pertanyaan memecah ritme reguler presentasimu dan membantu menandai apa yang kamu katakan sebagai hal penting. Lebih dari itu, sebuah pertanyaan mengubah presentasimu dari cerita yang pasif menjadi sebuah perjalanan aktif sehingga audiens dapat menjelajahi sepanjang jawaban mereka.Menjawab sebuah pertanyaan (bahkan jika hanya di kepala mereka) membuat audiens merasa terlibat dalam presentasimu dan menjaga minat mereka tetapi terpaut pada kata-katamu.


3. Pecahkan Dengan Humor
Humor membuat dunia berputar. Hal yang sama berlaku untuk dunia bisnis. Tidak ada yang ingin berkerja dengan orang yang kaku. Jadi bahkan ketika kamu presentasi di depan dosen atau teman yang "serius", ingatlah untuk menggunakan humor dalam presentasi itu. Ini tidak berarti kamu harus mebuat lelucon sepanjang waktu. Cukup menjadi ceria, ramah, dan menawan.
Humor bukan kekuatanmu? Jangan khawatir. Kamu dapat menemukan banyak referensi tentang membuat presentasi dengan humor di Internet!
4. Jangan Membaca Dari Slide
Membaca dari sebuah slide yang dapat dilihat semua orang dalam ruangan itu (dan dapat mereka baca sendiri) itu membosankan dan membuatmu tampak tidak siap. PowerPointmu tidak berada di sana untuk mengingatkanmu apa yang harus dikatakan namun untuk membantu audiens mengerti lebih baik poin-poin yang kamu buat. Ketika kamu membaca presentasi PowerPointmu, audiens pasti akan membacanya bersamamu. Dan telah terbukti bahwa pikiran kita terhanyut sebanyak 20-40% waktu selama membaca.
Itu berarti bahwa sementara kamu membaca slide, audiens mulai terganggu dan bertanya-tanya apa mereka meninggalkan setrika dalam keadaan menyala atau mau makan malam apa nanti. Dan itu bukanlah apa yang kamu harapkan dari mereka untuk berpikir!
Jaga agar teks dalam slide singkat dan hanya gunakan itu untuk menyoroti poin-poin penting atau menandai tajuk bagian yang berbeda dalam presentasimu. Slidemu seharusnya tidak menjadi sebuah penopang dalam presentasimu ketika kamu tidak dapat mengingat apa yang akan dikatakan. Dan mereka tidak boleh mencakup lebih dari beberapa baris teks. Slide bukan untuk dibaca, namun untuk menekankan poin-poinmu dengan cepat.

5. Tambahkan Musik!
Ini mungkin bukan contoh yang lazim dalam kebanyakan presentasi yang telah kamu lihat, namun itu terbukti berkerja secara ilmiah. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Ronald A. Berk dari John Hopkins University, "Musik yang ditanamkan sepanjang presentasi PowerPoint dapat mempertahankan perhatian, sambil menyelipkan kontennya ke dalam memori jangka panjang". Dan itu bukanlah ilmu yang baru! Kita semua telah mengetahui ini selama beberapa dekade. Bukti: dapatkah kamu memikirkan berapa banyak film yang telah kamu lihat sepanjang hidupmu yang tidak memiliki musik? Saya akan memberikan petunjuk: Nol!
Sejak kita menemukan cara bagaimana menambahkan suara ke dalam film, kita tidak hanya merekam dialog namun juga menambahkan musik. Karena musik membantu mengatur mood, memberikan efek emosional yang benar, dan menambahkan kegembiraan. Cara lainnya kamu dapat menggunakan musik? Untuk menaikkan mood dan memberikan setiap orang istirahat untuk mini dance!
Seperti apa kamu memutuskan untuk menggunakannya, penambahan musik dapat membuat sebuah presentasi yang sangat keren yang terkenang oleh pikiran audiens. Jadi cobalah ide presentasi inovatif ini dan tambahkan music yang pantas ke dalam presentasimu berikutnya untuk membantu menghidupkannya
TAMBAHAN : BUATLAH ICE BREAKING SETIAP SLIDE =D

            So? Udah baca kan semuanya =D. Kita jamin deh temen-temen ga akan sabar untuk cepet-cepet mempraktikan ini. Dan kita jamin 100% hal negatif yang udah kita sebut diatas ga akan terulang lagi deh. Dan ilmu ini akan terus berguna sampai temen-temen sidang skripsi nanti, bahkan sampai dunia kerja =D.
            Sekian dulu ya Bumi Pendidikan edisi ini. Sampai bertemu di Kamis malam minggu depan ya MP-ers
(Prakoso,2017)
©DEPARTEMEN PENDIDIKAN HIMA MP 2017-2018


You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung