PESONA MP 2016: SERUNYA MEMBANGUN BAKTI DI BUMI CIHERANG!

12:05 AM

“Pesona MP 2016! Bersinergi Membangun Bakti untuk Bumi Pertiwi!”. Begitulah jargon yang sering kami teriakkan di Pesona MP tahun ini. Yup! Selama 3 hari 2 malam dari tanggal 3-5 Juni 2016 telah kami habiskan untuk mengabdi di Desa Ciherang, Bogor.

Puluhan Mahasiswa MP sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Kami terbagi menjadi 10 kelompok atau 10 keluarga dimana di setiap keluarganya terdapat seorang kepala keluarga. Dan setiap kelompok memiliki peran dalam pengabdiannya antara lain ada Kelompok Pembersih Sekolah, Kelompok Penyuluhan dan Kelompok Perpustakaan. Yuk langsung aja kita review apa aja sih kegiatan kita disana.

Pada pukul 16.00 WIB, semua peserta Pesona MP 2016 sedang bersiap-siap untuk apel sebelum berangkat ke Desa Ciherang. Mereka mempersiapkan segala kebutuhan individu maupun kelompok. Setelah itu para peserta mengikuti apel pelepasan yang dipimpin dan diarahkan oleh Pak Ary Bayu.

Wah, ada barang yang ketinggalan gak tuh?
Pak Ary Bayu sedang memberikan arahan kepada para peserta.
Setelah Apel, kami semua langsung menuju tronton yang sudah datang. Kami merapihkan barang-barang yang besar dan berat terlebih dahulu. Sampai pukul 17.00 WIB kami berangkat ke Desa Ciherang!

Kurang lebih perjalanan kami memakan waktu 3 jam. Karena kami baru tiba di Ciherang pada pukul 20.30 WIB. Sesampainya di Desa Ciherang, kami langsung disambut oleh beberapa warga setempat dan berkumpul sebentar di Majelis warga disana. Setelah itu setiap keluarga/kelompok menuju ke rumah keluarganya masing-masing untuk beristirahat.

Ketua HIMA gaya-gayaan.
Sabtu 4 Juni 2016, aktivitas pertama kami dimulai! Pada pukul  07.00 WIB kami berkumpul di depan majelis untuk bersiap-siap mengabdi di sekolah. Sekolah yang akan kami kunjungi adalah MIS Hidayatul Islamiyah Pamidangan.

Dari 10 keluarga terdapat 4 keluarga yang menjadi Kelompok Pembersih, 3 Keluarga menjadi Kelompok Penyuluhan dan 3 Keluarga menjadi Kelompok Perpustakaan. Setiap kelompok mengumpulkan apa yang akan mereka bawa dan butuhkan sesuai dengan tugas kelompok mereka masing-masing.

Kami bersama-sama berjalan kaki menuju lokasi. Jalanan gelap yang kami lewati semalam, magically menjadi sebuah pemandangan indah yang tidak dapat ditemukan di kota. Pemandangan hijau sawah, gunung dan cerahnya langit membuat kami lebih semangat untuk beraktivitas.

Sesampainya di sekolah, kami berkumpul dan berbaris terlebih dahulu bersama anak-anak Desa Ciherang, dan ada beberapa guru juga yang menyambut kedatangan kami. Setelah itu, kami langsung melaksanakan tugas kami masing-masing. Banyak sekali keseruan yang kami dapatkan di sela-sela kami bekerja. Salah satunya bermain dengan anak-anak hingga tak terasa pekerjaan kami selesai pada pukul 11.00 WIB, setelah itu kami berbaris kembali untuk menutup kegiatan dari pagi ini sekaligus memberikan plakat atu kenang-kenangan untuk MIS Hidayatul Islamiyah.

Lagi jalan tetep narsis ya, gengs.
Penasaran kegabutan kita di sekolah kek gimana? Berikut beberapa dokumentasinya!

Peserta tiba di MIS Hidayatul Islamiyah Pamindangan.

Adik-adik seru banget nih main sama kakak-kakaknya.

Kelompok Penyuluhan sedang mempresentasikan tentang Manajemen Sekolah.

Ayok semangat kakak-kakak ngerapihin bukunyaaa!

Wah langsung bersih nih kelasnya.

Lagi pada gali harta karun tuh?

Penyerahan plakat oleh Kak Resty (Ka.Dept. Advokasi Sosial) kepada pihak sekolah.

Foto bareng dulu, kuy!
Setelah melakukan pengabdian di sekolah, kami kembali ke majelis dan rumah masing-masing untuk ISHOMA. Karena setelah itu kami akan memiliki kegiatan lagi di majelis untuk membuat Perpustakaan Mini dan mengajak bermain anak-anak Desa Ciherang. 

Para peserta laki-laki membuat rak buku dan para peserta perempuan mengajak main anak-anak. Tawa canda memenuhi siang itu. Hingga sore hari kami pun beristirahat. Sekitar pukul 16.00 WIB Perpustakaan Mini yang kami buat sudah selesai. Kami semua kembali ke rumah masing-masing, karena agenda malam ini adalah memasak dan makan bareng keluarga di rumah masing-masing. Yeay!

Asikk main lagi bareng kakak-kakak kece.

Kakak-kakak lagi menghias rak buku untuk perpustakaan mini.

Wuidih solid banget keluarga ini sampai pake daun pisang makannya.
And the last day! 

Minggu, 5 Juni 2016 adalah hari terakhir kami berada di Desa Ciherang ini guys. Agenda hari ini gak kalah serunya nih sama agenda-agenda sebelumnya. Jam 07.00 WIB aja kita udah kumpul di depan majelis. Untuk apa? Senam Pagi bareng warga! Pasti badan kita pada pegel-pegel kan setelah beraktivitas seharian kemarin. Nah saat yang tepat nih buat relax-in badan. Senam ini juga sekaligus menjadi ajang hiburan, karena gerakannya yang super kocak. Kak Bismo, Kak Virgy bahkan Kak Alvyn sukses deh bikin para peserta dan anak-anak ketawa ngeliat tingkah laku mereka. 

Setelah senam selesai, kakak-kakak cantik dari Konsumsi bawain kita sarapan enak dan mantap. Yup! Bubur Kacang Hijau dan Teh Manis Hangat. Duhh abis senam langsung nyarap bubur kebayang gak tuh enaknya... 

Senam udah, sarapan juga udah,  terus ngapain lagi? Yang ini bener-bener seru nih. Kita bakal jalan-jalan ke sungai dan sawah milik warga lho, gengs! 

Tepat pukul 08.30 WIB kami bersama-sama berjalan kaki menuju tempat yang gak bakal kita lupain di acara ini. Untuk menuju sungai besar, memang banyak rintangan yang kita harus lewatin dari jalannya yang licin, terjal. Tetapi selama bareng-bareng gak ada yang perlu dikhawatirin deh. 

Seketika sampai di sawah, kami terpesona oleh pemandangan hamparan hijau yang begitu luasnya. Namun perjalanan kami tidak hanya sampai disini, masih ada sungai besar yang mengalir deras menunggu kami. Dan tentu saja setelah kami sampai di sungai tersebut, kami langsung kegirangan dan tidak ingin melewati momen-momen ini begitu saja. Sampai akhirnya pada pukul 11.00 WIB kami harus kembali ke rumah masing-masing untuk bersiap-siap pulang ke Jakarta. 

Sebelumnya di setiap rumah, setiap kelompok memberikan Parsel sebagai hadiah untuk para pemilik rumah yang sudah mau kami tumpangi selama 3 hari ini. 

Pada pukul 12.00 WIB kami kembali berkumpul di majelis. Agenda terakhir kami adalah makan besar bersama warga Ciherang, sekaligus menutup acara Pesona MP tahun ini. Tak lupa kami juga memberikan plakat sebagai kenang-kenangan dari kami untuk warga Ciherang. Setelah itu kami merapihkan barang-barang kami ke tronton yang sudah tiba. 

Sebelum pulang, kami bersalam-salaman dengan warga. Suasana senang sekaligus haru menyelimuti kami semua. Terimakasih untuk seluruh adik-adik, bapak-bapak dan Ibu-ibu yang telah memberikan kami sebuah pelajaran dan pengalaman yang tak akan terlupakan. Setelah itu pada pukul 13.00 kami berangkat kembali ke Jakarta. Dan selama kurang lebih 2 jam perjalanan kami tiba kembali di kampus kami, Universitas Negeri Jakarta. Senang bercampur sedih rasanya.

***

(edisi dibuang sayang)








Mau liat foto yang lain? Klik 'Galeri' di Menu Bar Website ini, ya! :D

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung