HARI BUMI SEDUNIA “Cintai Lingkungan dengan Aksi Kecilmu”

10:08 PM




















Hari bumi sedunia ini memang belum banyak diketahui oleh orang-orang awam, maka 
Sudahkah kalian tau hari peringatan internasional yang dilakukan tanggal 22 April??Yuppsss…. Tanggal 22 April diperingati sebagai hari bumi sedunia.

Hari bumi sedunia ini memang belum banyak diketahui oleh orang-orang awam, maka dari itu kami memposting tentang hari bumi sedunia agar banyak diketahui dan dilaksanakan oleh semua orang sehingga tidak hanya dilaksanakan oleh para aktifis peduli lingkungan di seluruh Bumi.

Penasaran Dengan Sejarah Hari Bumi Sedunia?
Yuuk simak untuk mengetahui sejarah tersebut. Cekidot!!

Hari Bumi sedunia (Earth Day) adalah hari pengamatan tentang bumi yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu BUMI. Peringatan ini pertama kali dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat yang merupakan guru lingkungan hidup yaitu Gaylord Nelson pada tahun 1970 dan dilaksanakan di Negeri PAMAN SAM. Tangal 22 April yang bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi Utara) sekaligus musim gugur di belahan Bumi Selatan.                                                                                                         

Pada tahun 1969 Gaylord Nelson untuk pertama kali berpidato di negara bagian Seattle untuk mengeluarkan gagasan nya, yang dimana dia memandang isu-isu kontroversial yaitu tentang BUMI yang kita tempati saat ini, yang kemudian gagasan tersebut mendapatkan dukungan luas. Setelah itu, berlanjut dengan disebarluaskannya peringatan Hari Bumi Sedunia pada tanggal 22 April 1970.

Lalu apa yang terjadi pada 22 April 1970??
Makin Kepoo?? Yukk… kita lanjutkan ceritanya. Cekiidoott!!

Pada 22 April 1970 terjadi demonstarsi yang dimana 20 juta orang turun ke jalan dan memadati Fifth Avenue di New York, untuk mengecam para perusak bumi. Maka dari itu,  Senator Gaylord Nelson berkata “fenomena ini sebagai ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan.” Maksudnya, masyarakat umum sungguh peduli dan mereka benar-benar mau dalam suatu demonstrasi yang meluas secar nasional dan menyampaikan pesan yang luar biasa kepada para politisi untuk bangkit dan berbuat sesuatu.

Lalu siapa saja yang ikut berpartisipasi dalam demonstarsi untuk memperingati Har Bumi Sedunia ini???

    Gaylord Nelson
Orang yang memperingati hari BUMI Sedunia ini yaitu pelajar, Mahasiswa, Sarjana, atau orang berpendidikan yang juga memprotes mengenai gerakan anti perang, dan membela hak-hak sipil disana, serta sepenuhnya memberikan dukungan keselarasan untuk para pejuang yang membela lingkungan hidup dan memperjuangkannya agar Bumi ini menjadi lebih baik dan tidak tercemar.

Mengapa PBB memilih tanggal 20 Maret sebagai peringatan Hari Bumi Sedunia?

PBB sendiri memilih tanggal 20 Maret sebagai peringatan Hari Bumi Sedunia karena pada saat itu matahari berada tepat diatas khatulistiwa atau dikenal dengan istilah Ekuinoks Maret. Kejadian ini mengacu pada ide “hari bagi orang-orang Bumi” yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969. Namun, hari ini lebih dikenal sebagai “Hari Bumi Equinoks” yang diperingati PBB setiap tahunnya sejak 21 Maret 1971.  

Maka dari itu, moment yang telah mencapai puncak dalam memberikan dukungan global ini, sebagai tonggak sejarah diperingatinya Hari Bumi untuk pertama kali. Dan PBB pun juga mengakui bahwa tanggal 22 April sebagai hari BUMI yang dilaksanakan secara global, sekaligus PBB secara resmi merayakan 22 April sebagai “International Mother Earth Day”. Saat ini hari BUMI diperingati oleh 175 Negara dan pelaksanaan di seluruh dunia dikoordinasi oleh Earth Day Network’s yang merupakan sebuah organisasi nirlaba beranggotakan berbagai LSM di seluruh DUNIA.

Sudahkah anda melakukan perubahan pergerakan kepedulian terhadap lingkungan?

Yukk... Kita bersama-sama menjaga bumi ini untuk anak cucu kita dengan tindakan kecil seperti Buang Sampah pada Tempatnya. Dan lakukan kepedulianmu setiap saat, jangan menunggu moment Hari Bumi Sedunia.
Kami Keluarga Manajemen Pendidikan ikut mendukung penyelenggaran Hari Bumi Sedunia yang dilaksanakan Jum’at 22 April 2016 dengan membuat artikel mengenai “International Mother Earth Day”.

Pesan Bumi Untuk Manusia : Sesunguhnya bumi ini bukanlah warisan dari nenek moyang kita melainkan warisan untuk anak cucu kita, tetapi sungguh ironis ketika kita membiarkan kerusakan demi kerusakan terus melanda bumi ini, bahkan kita jualah pelakunya. Kerusakan pada lingkungan merupakan kerugian bagi hidup manusia. Mungkin saja kerugian itu tidak terasa oleh generasi saat ini, tetapi pada akhirnya akan menyengsarakan. Bukan hanya satu generasi tetapi demi generasi yang akan datang. Maka jagalah kelestarian sumber daya alam ini demi bekal untuk generasi selanjutnya! Merusak itu tak sampai sehari, tapi memperbaikinya tak cukup sehari, maka janganlah kita biarkan kerusakan terus berlangsung melainkan jagalah kelestarian alam dan lingkungan dimana engkau hidup, sebab manusia dan alam hidup untuk saling menghidupi.”

Sumber :


You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung