Seleksi Mahasiswa Berprestasi FIP UNJ 2016: Path oh the Champions

1:18 PM


Halo sobat MP, apa kabar? Pastinya luar biasa, kan? Sudah tahu hasil pemilihan Mapres a.k.a Mahasiswa Berprestasi FIP 2016? Atau jangan-jangan kawan-kawan gak tahu kalau ada pemilihan Mapres FIP? Hmm... tapi, kayaknya enggak, deh. Mahasiswa MP kan tipe-tipe yang antusias sama hal kayak gini. So, disini akan sedikit kami ulas keseruan-keseruan pemilihan selama proses pemilihan Mapres, mulai dari yang ada di atas panggung sampai behind the scene. Tanpa banyak basi lagi, check it out...!

Sadar nggak sadar, bulan Maret ini Kampus Hijau kita dipenuhi pernak-pernik akademik paling bergengsi seantero kampus. Mulai dari pelaksanaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Gagasan Tertulis (GT) dan Artikel Ilmiah (AI), Wisuda Akbar Sarjana S-1 sampai S-3, dan terakhir, pemilihan Mahasiswa Berprestasi.

Tertanggal 24 Maret 2016, Kamis pekan ketiga di bulan ketiga, dilaksanakanlah pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Fakultas Ilmu Pedidikan Universitas Negeri Jakarta. Setiap program studi di lingkungan FIP UNJ mengirimkan masing-masing satu mahasiswa terbaiknya sebagai perwakilan. Dan mereka adalah Palupi Mutiasih (PGSD-2013), Maryam Qonita (Psikologi-2013), Dinda Jayanti (PLS-2013), Mutiara Annisa Z. (PLB-2013), Rizka Safitri (PGPAUD-2013), Asri Rima Jiwantari (MP-2013), Audia Purnama P. (BK-2013), dan Reyna Rizky A. (TP-2013). Kakak-kakak hebat ini merupakan para Mapres terpilih di tingkat prodi, yang telah dilakukan sebelumnya.

Kandidat Mapres FIP UNJ 2016

Tahun ini para peserta pemilihan mapres FIP seluruhnya ialah mahasiswi angkatan 2013. Sehingga banyak hadirin yang mengatakan bahwa ini bukanlah pemilihan Mahasiswa Berprestasi, melainkan pemilihan Mahasiswi Berprestasi. Mahasiswi? Ya, tentu karena semua peserta tahun ini adalah srikandi-srikandi.

Para calon Mapres Fakultas ini wajib mengikuti masa pembinaan sebelum pemilihan digelar. Pembinaan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking dan pembahasan mosi Bahasa Inggris. Salah satu srikandi tangguh itu, Asri Rima (Mapres MP 2016),  mengaku bahwa ia dan beberapa peserta yang lain tidak merasa seperti sedang berada dalam sebuah kompetisi pada umumnya, “Kemarin berasa kayak gak kompetisi, sih. Lebih kayak belajar bareng sama peserta lainnya.”

Rima menjelaskan bahwa pemilihan Mapres sejatinya bukan hanya sebuah kompetisi. Namun, ajang untuk saling belajar antar sesama peserta. Begitu banyak ilmu baru yang didapat selama masa pembinaan. Terutama selama perjalanan menuju pemilihan Mapres FIP. Proses seleksinya didasarkan pada pencapaian prestasi yang tinggi baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI), mampu berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris dengan baik yang diterapkan dalam presentasi serta question-answer. Mapres FIP terpilih nantinya akan mewakili Fakultas di ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas.

Ketika menunggu pengumuman pemenang mapres FIP 2016, Kak Retno (BK 2012, Mapres FIP 2015) memberikan kesan dan pesan mengenai pemilihan Mapres pada para hadirin yang hadir. Ia mengatakan bahwa, “Mapres bukanlah satu-satunya ajang untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Namun, Mapres hanya salah satu ajang untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Ia juga menyampaikan bahwa mapres merupakan ajang untuk mengeksplor diri mahasiswa. Sejauh mana seorang mahasiswa mampu bermanfaat bagi orang lain dan khususnya diri sendiri.

Kejadian menarik pun terjadi ketika Kak Retno menyampaikan pertanyaan kepada para peserta, “Di sini siapa sebenarnya yang gak mau mengikuti pemilihan Mapres?”

Kemudian dengan cepatnya perwakilan Mapres TP, Reyna Rizky, mengangkat tangan dan mengatakan, Saya, Kak!!!”

Reyna pun diminta oleh ka Retno untuk menjelaskan alasannya di depan para hadirin. “Saya sebenarnya tidak mau mengikuti ajang Mapres, saya merasa belum mampu mengikuti ajang ini. karena, masih ada teman saya yang lebih pantas untuk mengikuti ajang ini daripada diri saya,” kata Reyna.

Ia pun menjelaskan kronologis terpilihnya ia sebagai mawapres TP.  “Awalnya saya merasa terpaksa, karena saya belum mempersiapkan apa-apa. Saya belum mempersiapkan KTI. Saya diberi tau oleh dosen bahwa saya yang mewakili TP di pemilihan Mapres FIP, H-1 sebelum pengumpulan berkas. ketika mendengar adanya presentasi bahasa Inggris, hal itu membuat saya merasa semakin tidak mampu.”

Meskipun saya merasa tidak mampu, tapi saya yakin bahwa Allah lah yang akan memampukan saya. Karena ini semua bukanlah amanah dari teman-teman ataupun dosen. Ini merupakan amanah dari Allah. Jadi, saya harus yakin bahwa Allah akan memampukan saya, lanjutnya.

Hal senada pun disampaikan oleh Kak Rima,Saya kan satu-satunya yang ikut seleksi Mapres MP. Jadi agak merasa senasib juga. Tapi karena ini amanah. Saya berjuang maksimal. Saya bahkan rela naik motor sendiri ke Sukabumi demi KTI saya. Saya lakukan hal itu sebagai bentuk perjuangan saya”.

Meskipun ada beberpa peserta yang awalnya merasa terpaksa mengikuti Mapres, hal tersebut tidak lantas menjadi alasan mereka untuk tidak berjuang. Mereka menganggap semua yang terjadi merupakan kehendak Tuhan YME. Sehingga, mereka harus yakin bahwa mereka mampu melakukannya. Terpilihnya mereka sebagai mapres merupakan bukti bahwa mereka adalah orang yang mampu menjalankannya.

Final Mapres FIP UNJ yang dilaksanakan di Aula Daksinapati lt. 1 memutuskan beberapa nama berikut sebagai juara. Pemenang Mapres FIP UNJ ini diumumkan pada hari itu juga oleh Ketua dewan juri. Pemenang mawapres FIP UNJ 2016 adalah sebagai berikut:

Juara I   : Palupi Mutiasih (Prodi PGSD)
Juara II  : Maryam Qonita (Prodi Psikologi)
Juara III : Audia Purnama P. (Prodi BK)
Juara Favorit :  Dinda Jayanti (Prodi PLS)
Supporter Terbaik : Prodi TP

Palupi Mutiasih, PGSD 2013
Selamat dan Sukses!


Saya merasa kurang dalam presentasi mosi Bahasa Inggris. KTI saya juga dikritisi ke ranah ekonomi. Soalnya pembahasannya tentang pengembangan koperasi. Saya kalah banget di bagian mosi Inggris, kata Rima. Alasan yang ia sampaikan ketika ditanya mengenai hasil pemilihan mapres FIP.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Asri Rima Jiwantari yang menjadi perwakilan MP diajang pemilihan Mapres FIP UNJ 2016. Perjuangan yang tidak mudah telah ia lewati demi mengharumkan nama prodi Manajemen Pendidikan di tingkat Fakultas.

Terima kasih, Rima, atas perjuangan luar biasanya! Meskipun belum berhasil menjadi Mapres utama FIP 2016, namun kakak telah berhasil menjadi pemenang utama bagi kami semua. MP! GO MP, MP! GO MP, GO MP GO!!!








Nb: untuk angkatan 2014, siap-siap, yaa, tahun depan! Ganbatte! ^^9

You Might Also Like

2 comments

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung