WISUDA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2016 : PROUD TO BE MP

7:02 AM



Wisuda Akbar Universitas Negeri Jakarta semester 103



WISUDA. Pasti kata ini sering kalian dengar terutama bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang menempuh pendidikan perkuliahan. Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Dan wisuda menjadi target utama bagi para mahasiswa dan mahasiswi untuk mendapatkan gelar yang mereka inginkan. Untuk mendapatkan ‘tiket’ tersebut banyak perjuangan yang harus dilakukan, mulai dari fisik,pikiran hingga waktu. Yang lebih terpenting dari wisuda itu sendiri adalah setelah wisuda, mau ke manakah kita? Mencari kerja atau meneruskan kuliah lagi? Sudah siapkah kita untuk menghadapi dunia kerja? dan lain sebagainya.Beberapa hari yang lalu, Universitas Negeri Jakarta menggelar acara wisuda untuk S1,S2 dan S3. Dan hari yang telah ditunggu-tunggu wisudawan dan wisudawati Universitas Negeri Jakarta pun akhirnya tiba.

Pada hari Rabu, 23 Maret 2016, 2.223 orang wisudawan dan wisudawati UNJ berkumpul di Hall D2 Gedung JI EXPO PRJ Kemayoran. Acara wisuda dimulai pada pukul 13.00 WIB. Dan diantara 2.223 mahasiswa itu ada 29 orang dari program studi tercinta kita yaitu Manajemen Pendidikan! Yeaay!  dan 11 orang diantaranya dari angkatan 2012 yang menyelesaikan studinya hanya 3,5 tahun WOW! siapa saja mereka? Ini diaaa :
  1. Fathurrohman, S.Pd,
  2. Cahyo Alfianto, S.Pd,
  3. Istiasmidiati Wardiningrum, S.Pd,
  4. Awalien Dhea Syafitri, S.Pd,
  5. Ria Resti Anggraeni, S.Pd,
  6. Rena Octavia, S.Pd,
  7. Nuraini Putri, S.Pd,
  8. Intan Larange Arifin, S.Pd,
  9. Indah Kusuma Pradini, S.Pd,
  10. Ayunda Ashta Cantari, S.Pd, dan
  11. Handary Inggrid Nadian, S.Pd.
Menjelang acara wisuda itu dimulai, suasana acara wisuda berlangsung dengan khidmat ditambah ada kelompok paduan suara UKM UNJ yang mengisi acara tersebut dengan suara-suara indah mereka.

Tepat pukul 13.40 WIB acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Rektor UNJ. Pukul 13.50 WIB, acara dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Jakarta dan pidato wisuda Rektor UNJ mengenai kesiapan para wisudawan dan wisudawati sebagai alumni dalam menghadapi MEA.

Acara selanjutnya ini yang paling ditunggu-tunggu. Pada pukul 14.00 WIB ada pengumuman 35 Wisudawan terbaik yang dibacakan oleh Rektor UNJ. Dan diantaranya mau tahu siapa? Yup! Diantara 35 wisudawan terbaik itu, salah satunya dari prodi Manajemen Pendidikan, dia adalah Awalien Dhea Syafitri dengan IPK 3,91! Waaah keren banget, ya! Bangga, deh, jadi mahasiswa Manajemen Pendidikan.

Rangkaian acara berikutnya yaitu pelantikan wisudawan oleh Rektor dan dilanjutkan dengan ikrar dan ucapan terima kasih Wisudawan. Pada pukul 14.40 WIB dilakukan penyerahan wisudawan kepada Ikatan Alumni dan beberapa menit kemudian, Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Jakarta resmi di tutup oleh Rektor UNJ selaku pemimpin sidang. Waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB, acara selanjutnya yaitu pembacaan doa yang dilakukan dengan sangat khidmat. Setelah pembacaan doa, seluruh Prosesi Senat Universitas Negeri Jakarta dipersilahkan meninggalkan tempat dan tamu undangan diperbolehkan untuk beristirahat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Pada pukul 15.30 WIB, Prosesi Dekanat Fakultas dan PPs Universitas Negeri Jakarta memasuki ruangan upacara. Setelah itu, ada penyerahan ijazah secara bersamaan kepada para wisudawan dan mereka berbaris sesuai fakultas mereka masing-masing. Rangkaian acara selanjutnya pukul 16.20 WIB yaitu Prosesi Dekanat Fakultas dan PPs Universitas Negeri Jakarta meninggalkan tempat upacara yang menandakan bahwa acara wisuda telah berakhir.

Acara wisuda ini pasti menjadi salah satu moment yang tidak akan dilupakan bagi para wisudawan dan wisudawati di sepanjang hidupnya. Dan ada cerita menarik nih dari 4 orang wisudawan dan wisudawati prodi  Manajemen Pendidikan yang mau berbagi kebahagiannya setelah melaksanakan wisuda pada hari Rabu kemarin. Siapa saja sih mereka? Jeng jeeeng! Ada pak Dede, Kak Fathur, Kak Intan dan Kak Isti yuhuuuu~

Orang pertama yang akan kita wawancarai itu adalah salah satu asisten dosen di prodi Manajemen Pendidikan yang membantu Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd. Siapa lagi kalau bukan Pak Dede Hamdani, Yuhuuuu!

Penasaran bakal ngebahas apa aja? check it out! 
Pak Dede, gimana perasaannya setelah menyelesaikan studi S3 nya?
Pak Dede : “Perasaaan saya saat ini bahagia, senang, sedih campur-campur deh”

Hmm, ngomong-ngomong IPK nya berapa nih Pak? Memuaskan atau tidak?
Pak Dede : “IPK 3.74 Walaupun belum sesuai target 😀

Bisa cerita sedikit tentang proses yang dilalui sampai lulus/wisuda ini?
Pak Dede : “Saya masuk S3 itu September 2013 dan saya selesaikan pada Maret 2016. 2,5 tahun saya selesaikan studi ini dengan IPK 3.74”

Tips dan Triknya dong pak untuk anak muridnya yang masih menempuh kuliah
Pak Dede : “Tips nya : 
1.  Belajar itu harus di mulai dari hati.. bukan belajar itu paksaan atau di jadikan sebagai kewajiban.
2.  Kesadaraan tentang pentingnya ilmu pengetahuan yang harus kawan-kawan dapatkan guna menjadi bekal hidup kalian di Kampus KEHIDUPAN, yang tidak akan pernah lulus sampai ajal menjemput.
3.   Kita butuh perencanaan min ada 1 plan dan 2 plan cadangan dalam merampung studi.
4. Evaluasi diri setiap selesai kuliah. Sudah sampai sejauh apa kita dapat menyerap pengetahuan yang di sampaikan dosen. Dan yang terakhir..
5. Jadikan penelitian sebagai kawan. Karena dengan bersikap itu penelitian kawan2 akan menjadi mudah dan menyenangkan

   Waaah, tips dan triknya bermanfaat banget nih buat kita-kita yang masih 'berjuang' di bangku perkuliahan. Pak Dede bisa menjadi salah satu contoh teladan buat kita semua untuk selalu menuntut ilmu setinggi-tingginya.

   Nah selanjutnya dari kakak-kakak kita nih yang baru menyelesaikan studi S1 nya selama 3,5 tahun. Siapa saja? Jeeeng jeeeng! Ada kak Fathur, Kak Intan dan Kak Isti ~ check it out! 
Gimana nih kak perasaannya setelah menjadi wisudawan dan wisudawati?
Kak Fathur : “ Perasaannya yaa senang, luar biasa deh. Walaupun belum bisa banggain orangtua sebagai salah satu wisudawan terbaik, tapi saya akan tetap berusaha terus kedepannya Hehe”

Kak Intan : “Perasaan saya bahagia banget ketika tali toganya dipindahin dari kiri ke kanan. Yang gak kalah bahagianya yaitu ketika banyak teman pada nyempetin dateng untuk sekedar ngucapin, ngasih bunga atau boneka, dan berfoto karena dihari itu saya berasa jadi artis dadakan , banyaaak banget yang ngantri untuk foto sama saya hahaha kapan lagi coba momen unik kayak gitu”

Siapa saja sih kak yang datang di acara Wisuda kemarin?
Kak Isti : “Acara ini dihadiri oleh pimpinan rektorat, pimpinan lembaga, pimpinan biro, pimpinan fakultas dan prodi, ikatan Alumni UNJ dan orangtua/perwakilan wisudawandan wisudawati”

Ada moment yang istimewa atau menarik gak di acara wisuda kemarin?
Kak Isti : “Paduan suara UKM UNJ berhasil membius saya dengan suara bulatnya yang bergema ke seluruh isi ruangan”

Kak Fathur : “Paling seneng itu ketika momen kita dapet ijazah dan keluar Hall, sudah ada banyak sekali keluarga MP yang menyambut. Juga ada teman-teman semasa SMK dulu yang ikut hadir memberi ucapan. Rasanya senang aja gitu”

Kak Intan : “ketika mama sangat semangat untuk foto bareng saya di banner yg ada tulisan ‘Wisudawan 2016’ awalnya mama kurang puas sama hasil foto yang di dapet karena untuk foto disitu harus antri dan di ‘serang’ sama wisudawan lain untuk gantian hahaha. Tapi karena saya merupakan salah satu wisudawan yang pulang paling belakangan alias JIEXPO nya udah mau tutup, akhirnya saya ajak mama lagi untuk foto di background ‘Wisudawan 2016’, yeay! Akhirnya bisa penuhin apa yang mama mau. Yang bikin pengen nangis adalah ketika saya ngeliat mama saya tidur sambil tersenyum ”

Ngomong-ngomong IPK nya pada berapa nih? Pasti memuaskaan deh~
Kak Isti : “IPK saya 3,73”

Kak Fathur : “IPK saya 3,79”

Kak Intan : “IPK saya 3,75”

Kalau cumlaude itu IPK nya berapa sih kak?
Kak Fathur : “Eng, masih kurang jelas sih. Dhea dgn IPK segitupun ditulisnya lulus dengan pujian, bukannya cumlaude. Tapi S2 dan S3 dengan IPK 3,6 pun disebut Cumlaude”

Cerita sedikit dong kak saat proses mengerjakan skripsinya
Kak Intan : “Dalam proses pengerjaan skripsi untuk lulus 3,5 tahun itu saya bisa di bilang mati matian ngerjainnya, karena berbarengan dengan KKN di Purwakarta dan magang di Mahad Al-Istiqlal, Karawang. Di dua tempat itu saya gak menemukan perpustakaan dan sinyal untuk akses ebook sangat minim, beda halnya dengan teman-teman lain yang magang di Jakarta. tapi alhamdulillah ketika kita mau bersungguh sungguh dan berdoa pasti ada aja jalan keluarnya”

Ada masalah-masalah lain nggak saat mempersiapkan skripsi kemarin?
Kak Intan : “Semangat saya naik turun di awal pengumuman dosen pembimbing. Di pertengahan saya mulai bertanya ke diri saya sendiri dan pak Amril bisa gak ya saya lulus 3,5 tahun?. Dan ketika itu pak Amril berniat mengundurkan diri untuk jadi dospem (dosen pembimbing) saya.  Kata pak Amril ‘kalo kamu sendiri gak yakin sama diri kamu, gimana saya bisa yakin sama diri kamu coba. Udah deh kalo gitu saya mengundurkan diri aja jadi dospem Intan’. Dalam hati saya, ‘ohiya ya,bener juga apa kata pak Amril kalau bukan saya yang yakin dengan kemampuan diri saya sendiri lalu siapa lagi?’ dari situ saya semangat lagi untuk ngerjain skripsi”.


Kak Intan, ada gak sih percakapan atau nasihat dari Pak Amril yang nggak bisa dilupain?
Kak Intan : “Pak Amril pernah bilang ‘kalo kita bersungguh sungguh pasti kita bisa capai apa yang kita cita cita kan’. Saya selalu dengerin saran-saran dari pak Amril dan itu membuat saya jadi semangat lagi.
Sampai akhirnya, ada beberapa dialog antara saya dengan beliau seminggu menjelang sidang skripsi :
Pak Amril: "gimana perasaannya hari ini?"
Saya: "saya semangat bangeeeeeet pak. Saya udah tau apa yang harus saya kerjain"
Pak Amril: "wiihh,good..."

Saat sidang gimana tuh kak, di dalam ruangan bersama dosen-dosen penguji?
Kak Intan : “pas sidang yang paling menyenangkan adalah ketika melihat para dosen memperhatikan apa yang saya paparkan dan terpaku melihat paparan saya”

Target kedepannya setelah menjadi wisudawan/wisudawati apa aja nih kak?
Kak Fathur : “Target kedepan mungkin agak rumit ya, tapi intinya terus jalani dan yakin bahwa itulah jalan yang terbaik. Semoga bisa terus bermanfaat dan berendah diri, dalam mencari ilmu dan mengamalkannya untuk Indonesia tercinta”

Kak Intan : “saya berencana untuk menjadi asisten pribadi bu Nurhattati dan pak Amril selama 1 tahun. Setelah itu melanjutkan S2  dan S3 MP dengan tujuan ingin menjadi dosen MP”

Tips dan Triknya buat adik-adiknya yang masih ‘berjuang’ ini apa aja sih kak~
Kak Intan : “Tips dan triknya :
-Berdoa
-Minta doa sama orang tua
-Harus pertimbangkan matang matang saat memilih dospem
-Yakin pada kemampuan diri sendiri
-Bersungguh sungguh
-Jaga etika
-Mendengarkan arahan dari dospem
-Perbanyak sharing positif dengan kakak kelas yang dospemnya sama
-Dengar kalimat positif dari orang orang yang support kita
-Tak usah pedulikan orang yang jahat sama kita, tapi tetap berbuat baik sama mereka”

Terakhir nih kak, saran-sarannya buat angkatan selanjutnya?
Kak Fathur : “Harapannya semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi buat teman-teman lain, dengan orientasi bukan hanya lulus cepat, tetapi lulus. Wisuda menjadi momen sakral dimana kita sudah sah menjadi seorang sarjana, momentum yang patut kita renungkan bersama dengan apa yang akan kita rencanakan kedepannya. Semangat bermanfaat! Terbanglah tinggi melangit, berjalanlah rendah membumi. Jadilah insan pembelajar. Tepat”


Inspiratif banget, ya, cerita-ceritanya. Tips dan triknya juga bisa membantu kita yang masih dalam masa perkuliahan ini untuk termotivasi dalam belajar dan menuntut ilmu Semoga para wisudawan dan wisudawati yang telah lulus akan sukses nantinya dan terus melanjutkan mimpi yang belum tercapai.




Selamat dan Sukses, Kakak-kakak! ^^

"Wisuda bukan hanya sekedar lulus dari universitas, bukan hanya sekedar mendapatkan gelar, bukan hanya mendapatkan ijazah, dan bukan hanya memindahkan tali dari kiri ke kanan yang ada di toga saja, melainkan kita nantinya setelah menjadi wisudawan dan wisudawati dapat mengabdi kepada masyarakat dan tentunya dapat membanggakan orangtua maupun bangsa dan negara."




Hidup Mahasiswa!


Tambahan keseruan acara wisuda kemarin :

Ini kak Intan, cantik yaaa 






 
Dosen dan asisten Dosennya, Prof. Mukhneri dan Pak Dede. Kereeen!


Selfie dulu~ /smile/

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung