Buat yang Suka ''Selonjoran'' di Zona Nyaman Biar Nggak Nyesel

9:25 PM

Andai jemari tak dapat berjabat
Andai raga tak dapat bertatap
Rawamangun-Pemuda macet tiada tara
Daksinapati dan sekitarnya hilang sinyal, pending sepending-pendingnya

Jumat, 29 Januari 2016.
Sejauh mata memandang, hijaunya Kampus Pendidikan hari itu diwarnai wajah-wajah sumringah, hati-hati bungah, dan orang-orang bersetelan hitam-putih yang memeluk mawar semi-rekah. Waah!

Ada yang lebih ampuh bikin kembang-kembang di hati mekar dibanding lihat kembang-kembang itu mekar di wajah orang lain? Ada? Hmm, mungkin. Senang itu relatif. Tapi siapa juga yang nggak senang, perjuangan bertempur melawan kebodohan selama bertahun-tahun akhirnya usai dengan predikat menang! Iya, lulus sidang skripsi, terus yudisium, terus wisuda, deh. Iya!

UNJ Jumat itu benar-benar indah! Terasa betul apa yang namanya haru dan bahagia di setiap sudutnya. Salah satunya, yaa, Daksinapati, gedung fenomenalnya UNJ. Dari puluhan mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti yudisium, turut serta di dalamnya 26 orang mahasiswa semester 7 Prodi Manajemen Pendidikan. Yang artinya, mereka lulus 3,5 tahun! Masya Allah. Barakallahu fii ‘ilmy, Kakak-Kakak! Adudu, makin bangga aja rasanya jadi mahasiswa UNJ, khususnya MP ^^


Dan Fathurrohman, S.Pd hanya satu dari sekian banyak mahasiswa yang berbahagia. Siapa dia? Mau tahu? Please fasten your seatbelt and… Here we go!


Fathurrohman, S.Pd


Nama                    : Fathurrohman
TTL                      : 13 November 1992
Alamat                 : Jl. Sibi II No. 3 Kunciran Indah, Pinang, Tangerang
Hobi                     : Baca buku, ngotak-ngatik komputer, maen games
Riwayat Sekolah  : SDIT AL-ASHAR
                                 SMPN 89 Jakarta Barat
                                 SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta
                                 Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Nomor Ponsel      : 085693260156
Twitter/Blog        : @fathurrohmen / andro-geuse.blogspot.com
Motto                   : Terbanglah tinggi melangit, berjalanlah rendah membumi. Jadilah insan Pembelajar


Kak, katanya lulus 3,5 tahun ya? Kok bisa, sih, Kak? Ceritain dong!

Alhamdulillah, target lulus 3,5 tahun bisa kekejar. Awalnya sih keinginan nyokap yang sudah ngebet banget anaknya lulus, bahkan doi minta buat lulus 3 tahun -_- Nah dari situ, emang udah ada target untuk bisa bikin nyokap bahagia. Alhamdulillah dikasih jalan sama Allah buat lulus 3,5 tahun. Kalo diceritain, wah panjang deh.

Udah mulai mikirin skripsi dari semester 7 awal sebelum magang dimulai, tepatnya sejak KKN bulan Agustus 2015. Berhubung emang udah niat buat bikin penelitian riset dan pengembangan (R&D), jadi yang dipikirin itu mau bikin produk apa. Dari situ brainstorming dengan beberapa dosen yang memang sudah dekat, sampai akhirnya diputuskan untuk bikin sistem manajemen dokumen digital buat jurusan. Lulus 3,5 tahun InshaAllah bareng sama Cahyo, Isti, Rena, Inggrid, Ashta, Aini, Indah, Dhea, Intan, Resti, yang lain nyusul sidang hari kamis esok. Mohon doa ya J



Terus, terus, gimana perasaannya tuh kak?

Perasaannya?? Hmmm… ada senang, seru, dan letih, intinya mah macem-macem rasa. Hehehe… Yang penting itu nikmati perjuangannya, inshaAllah bermanfaat semuanya.



Kalau tanggapan orangtua, saudara, teman, dosen, atau tetangga gimana?

Orangtua udah jelas senang sih, hahaha… Temen juga Alhamdulillah turut senang dan bangga. Kalo dosen sih reaksinya beragam ya, kalo dosen pembimbing (dospem) Ibu Siti Zulaikha sih terus support biar bisa lulus 3,5 tahun, dan Alhamdulillah bisa terwujud. Semoga beliau ikut bangga dengan kelulusan ini. J Bu Ambar juga senang, walaupun beliau bilang “rada kecepatan jadi belum mateng” Hehehe…



Kelulusan Kakak yang kilat ini udah ditarget dari awal atau gimana tuh, Kak?

Kelulusan 3,5 tahun sebenarnya menjadi target sejak semester 7, bukan dari awal kuliah. Soalnya memang rencana mau intake beasiswa 2017 awal. Persiapannya dari 2016 deh. J



Hmm, jadi gitu… Kalau boleh tau, judul skripsinya apa, Kak? Pakai metode apa?

Judul skripsinya itu “Pengembangan Sistem Manajemen Dokumen Elektronik Program Studi Manajemen Pendidikan FIP UNJ”. Saya menggunakan penelitian Research and Development (R&D), hasilnya produk. Alhamdulillah sudah diimplementasikan di Prodi MP, walau masih tahap awal dan masih butuh banyak penyesuaian. Syukur juga produknya didukung oleh Kaprodi dan Staf TU MP, senang bisa berguna.



Apa sih yang jadi motivasi kakak kuliah? Terutama lulus kilat seperti ini?

Motivasi kuliah? Kalau kuliah sih ya memang sudah keharusan, ya, dalam mengembangkan diri dan keilmuan. Nah, kalau pertanyaannya kenapa kuliahnya di MP, baru deh, ceritanya panjang. Hahaha…. Kalau lulus 3,5 tahun memang keinginan orangtua dan rencana untuk intake beasiswa 2017. J



Kakak dulu aktif organisasi, nggak? Apa sih, pendapat kakak tentang urgensi berorganisasi, khususnya buat generasi muda ex: mahasiswa, pelajar, pemuda, dst.?

Aktif banget -_- Bisa dibilang, saya itu anak MP tapi bukan anak FIP, soalnya benar-benar totalitas di HIMA. Ya walaupun, saya akui memang harusnya bisa kontribusi juga di tingkat fakultas. Hehe… Di HIMA benar-benar aktif, totalitas, pokoknya seru, deh, jadi bagian dari keluarga HIMA! Hmm… terutama keluarga MC. Banyak cerita dan banyak rasa.

Organisasi itu wadah seorang idealis untuk mewujudkan impian dan angannya. Selama ide itu masih di dalam pikiran, kalian belum ngerasain namanya mewujudkan idealisme. Buktikan pada dunia, bahwa kita mampu menciptakan perubahan. Gak usah muluk-muluk mau ngubah sisdiknas, lakuin aja dulu apa yang bisa dilakukan di sekitar kalian. Nah, organisasi ini wadah untuk mewujudkannya. Kalau kuliah sekedar kuliah, itu sih gak seru. Banyak, amat banyak hal itu ada di sekitar kalian, salah satunya organisasi itu.



Kakak ikut organisasi tapi tetep bisa lulus cepat? Awesome!! Apa rahasianya, Kak? Ada kiat-kiat khusus nggak, Kak? Apa aja sih, yang harus diperhatiin? Gimana manajemen waktunya, tuh, Kak?

Nah, ini pertanyaan sulit, ya. Hehehe… Jujur saya gak punya rahasia apa-apa, boro-boro yang namanya manajemen waktu -_- Buat saya sih, nikmati perkuliahan dengan segala lika-likunya. Jangan lupa beribadah, bersosialisasi dengan teman, dosen, dan semuanya, serta belajar yang sungguh. Kalian yang cuma selonjoran di zona nyaman gak akan bisa ngerasain serunya pertempuran dalam menciptakan idealisme dan mimpi. Jangan takut, jangan ragu untuk bermimpi. Jangan bergantung dengan dosen dalam mencari ilmu, jelajahi setiap sudut dan ruang yang ada. Ilmu itu ada dimana-mana, banyak, tinggal kita mau nyari apa nggak. Jangan kebanyakan nanya, seruan baca. Kalian bakal ngerasain serunya “menemukan” sesuatu sendiri, bukan karena penjelasan orang lain.



Masya Allah… Keren banget sih, Kak!? Hmm… terus kira-kira rencana Kakak setelah ini apa? Lanjut Strata-2, lamar kerja, atau nikah (*eh)?

Nah, ini pertanyaan yang lebih sulit lagi. Hahaha… InshaAllah rencana mau memantapkan diri lagi untuk apply beasiswa S2 ke Melbourne University, khususnya Melbourne Graduate School of Education (MGSE). MGSE ini fakultas pendidikan terbaik nomer 2 di dunia, jadi kebayang kan masuknya bakal sesulit apa dan biaya kuliah disini sekitar 380 juta per semester, belum termasuk living cost. Jadi harus bisa dapetin beasiswa, khususnya ngincer LPDP sihh. Penyempurnaan bahasa Inggris jadi PR utama, selain itu juga mau ngembangin kapasitas diri dengan berbagai kesempatan yang sudah ditawarkan oleh Prodi MP.

Alasan langsung ngambil S2, bukan kerja dulu: sebenarnya S2 itu kan bertujuan untuk pengembangan karier, jadi harusnya kita sudah merasakan pekerjaan dan karir sebelumnya. Tapi berhubung orangtua memiliki sekolah swasta di Tangerang, jadi kayaknya masa depannya udah jelas, ya, mau kemana. Nah karena itulah, saya mau langsung lanjut strata 2 J Semoga Allah mudahkan, mohon doanya ya… J

Kalau terkait menyempurnakan separuh agama, masih belum tau nih. Semoga kedepannya juga Allah beri jalan dan kemudahan, mohon doa aja ya. Hehe…



Wah, Barakallah buat pencapaian dan rencananya ya kak. Semoga Allah mudahkan. Terus ada pesan buat adek-adek atau teman-temannya gak kak?

Iya, terimakasih doanya. J

Pesan buat teman-teman, kalian itu mahasiswa. Kalian berada di level yang berbeda dengan pelajar biasa. Apa yang kalian cari dalam hidup, kalau tiap hari hanya mengulang-ulang hal yang sama? Kalian sama saja mati. Bukan mati fisik, tapi mati impian. Kalian akan terbiasa dengan keadaan stagnan seperti itu seumur hidup kalian, tidak mundur, tidak maju. Kalian hanya melangkah di tempat, menyia-nyiakan berbagai mimpi dan kesempatan yang ada di depan kalian. Mimpi dan kesempatan yang jaraknya hanya alasan-alasan yang kalian buat untuk membenarkan “selonjoran” kalian di zona nyaman. Stagnansi itu mati, kematian inovasi, kematian mimpi, kematian asa.
Kata Gagne, tujuan pendidikan bukanlah mengulang hal yang sama, melainkan menciptakan hal yang baru. Hidupkan mimpi kalian, kobarkan idealisme kalian. Wujudkan itu semua, banyak wadah yang bisa kalian gunakan. Tingkatkan level berpikir kalian dari hanya “memahami dan mengetahui” menjadi “mengaplikasikan dan menciptakan”. Jangan selalu bilang, “Pemerintah seharusnya bla bla bla,” tapi coba usahakan untuk bilang, “Akar permasalahan yang dapat saya analisa adalah A, B,C, dan ini adalah solusi yang saya tawarkan untuk mengatasinya.”

Jarak antara mimpi dan diri kalian hanyalah alasan-alasan yang kalian buat sendiri. Semangat mewujudkan idealisme, mewujudkan angan. Jangan sampai berhenti kawan, nanti kalian bisa “mati.”

***


Fiuh... Gimana, temen-temen? Sudah lebih mengenal Kakak keren yang satu itu? Ada yang merasa tercubit? Tertampar? Semangatnya terbakar? Atau meleleh? Eh.

Kalau mengutip kata orang yang entah siapa, “Lulus yang baik itu di lulus di waktu yang tepat, bukan yang tepat waktu.” Menurut kalian, Kak Fathur masuk kategori lulus yang mana? Hehe.

On the way semester baru, mumpung masih liburan, jangan biarkan jiwa kita haus akan ilmu. Yang IP-nya naik, pertahankan! Kalau bisa tingkatkan. Yang IP-nya turun? Jangan biarkan hati terus-terus dirundung kelu. Kuylah, bangkit dan cari semangat baru! Yang IP-nya standby? Hemm, coba sesuatu yang baru deh, di semester baru. Intinya, tetep belajar dan berkarya, ya! Toh, belajar nggak harus di kelas, kan? But everytime, everywhere ^^

Mau menginspirasi kayak Kak Fathur, dkk.? Ikutin pesannya coba ;)
Semoga kamu-kamu yang hari ini terinspirasi, kelak juga bisa menginspirasi ;)

You Might Also Like

4 comments

  1. Masya Allah! anak MP ternyata keren-keren banget, yah :') down to earth, ya. diem-diem berprestasi ^^

    BalasHapus
  2. Masya Allah ka, saya akan ikuti cara2 ka, semoga sukses. "Saya akan nyusul kakak". Diem-diem tapi pasti.

    BalasHapus
  3. Masya Allah ka, saya akan ikuti cara2 ka, semoga sukses. "Saya akan nyusul kakak". Diem-diem tapi pasti.

    BalasHapus
  4. Subhanallah kakak...
    Insya allah saya ikutin cara kakak diatas buat mencapai sukses (y)
    :D

    Traktir makan di BNI ka~

    BalasHapus

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung