Masa Pengenalan Akademik Jurusan Tahun 2015

12:35 PM

Whoaaa! Nggak terasa, ya, sudah masuk minggu ketiga di semester seratus tiga! Tahun pertama MP kelasnya terbagi tiga. Tugas mulai numpuk, agenda mulai padat menggila. Kyaaa!

Kamu mulai capek kuliah? Bosen? Homesick? Masih kangen hari-hari MPA? Atau justru kemarin melewatkan MPA? Mau balik MPA lagi? Jangan khawatir! Di sini kami akan bantu kalian flashback ke masa-masa indah bersamanya MPA. Eaaa


Briefing MPA Jurusan
Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar istilah briefing? Pengarahan? Bincang-bincang santai dan tanya-tanya bebas terkait acara? Betul, MPers, betul! Sayangnya Briefing MPA Jurusan nggak seperti yang kalian dan saya dulu bayangkan. *ketawa jahat*Tujuan Briefing MPAJ sejatinya sama seperti tujuan briefing-briefing pada umumnya, hanya saja,  bedanya, di sini kalian akan merasakan briefing yang formal. Pengarahan yang bersifat amat edukatif dengan agenda yang begitu padat. Siapa sangka dalam briefing panitia sisipkan materi demi materi?


Percayalah kalau latar belakang kakak-kakak panitia itu baik, kok. Mereka nggak sama sekali bermaksud untuk merepotkan kalian. Salah satu alasan mengapa briefingnya seperti itu ialah karena jatah waktu yang diberikan birokrat untuk Masa Pengenalan Akademik ini nggak banyak, MPers. Alhasil kakak-kakak panitia bersiasat agar MPA tetap dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan ‘berbaik hati’ berbagi materi ketika briefing. Tapi tetep, dong. Konten dari briefing ini mostly about introduction. Perkenalan terhadap MPA, ya, bukan kenalan yang lain, ehm.


Nggak percaya? Nih, ya, coba lihat rundown Briefing MPA Jurusan kemarin..




See? Briefing teh kayak gitu, MPers. Lepas dari pengondisian sholat jumat, mobilisasi, registrasi, dan sambutan-sambutan, konten briefing memang rata-rata pengenalan, ya panitia, ya mars, ya hymne, tata tertib, dan tentunya tentang jurusan kita tercinta ini plus fasilitasnya.


Kalau masih nggak percaya, nih, lihat dokumentasinya.










Pass MPA Jurusan
Tet tereet tereeet! Ini dia hari yang paling mendebarkan bagi kami selaku panitia MPA Jurusan. Di hari eksekusi ini, ternyata masih aja ada yang bertanya, “Ngapain sih, kalian capek-capek rapat sejak berbulan-bulan lalu, mengorbankan liburan, waktu, tenaga, bahkan materi untuk maba-maba itu? Padahal dibayar juga enggak,”

Aduh, itu orang kayaknya hidup cuma untuk senang-senang, ya? Eh tapi, kalau ditanya seperti itu bingung juga, ya, jawabnya. Entah mengapa, rasanya ingin gitu menyambut kalian, keluarga baru Manajemen Pendidikan. Adik-adik kami, bontot-bontot imut nan menggemaskan. Siapa pula yang nggak senang punya saudara baru, yekan?

Ah, sudahlah. Lupakan pertanyaan itu. Mending kita nostalgiaan aja, yuk! Syalalalala ~~~

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Selasa, 25 Agustus lalu adalah hari yang begitu mendebarkan dada kami, panitia MPAJ MP 2015. Mau tahu alasannya? Nggak lain  dan nggak bukan adalah karena hari yang ditunggu-tunggu selama ini akhirnya tiba, yang pelaksanaannya sudah matang-matang disiapkan sejak jauh-jauh hari, yang konten-kontennya diusahakan seakademik mungkin sesuai dengan nama acara, yang penugasannya dicarikan yang seedukatif mungkin sebagai batu loncatan peserta berkenalan dengan masa transisi menjadi mahasiswa, bukan ‘masih siswa’.





Kalau di Pass MPAJ, the point that we want to focus are materi-materi yang disampaikan, mulai dari materi pertama yakni keilmiahan jurusan, kemudian motivasi, dan terakhir manajemen diri. Dalam masing-masing materi, kami ingin menyampaikan bahwa kalian sebagai mahasiswa baru sangat penting untuk mengetahuinya lantaran tergolong hal-hal pokok yang menjadi dasar kalian berpegangan ketika memasuki dunia perkuliahan, terutama di jurusan Manajemen Pendidikan.




Di samping itu, ada pula sesi diskusi kelompok hasil anjangsana. Perlu kalian ketahui bahwa Jurusan MP adalah satu-satunya jurusan di UNJ (yang sejauh ini kami ketahui) yang ada penugasan anjangsana dalam rangkaian MPAJ-nya. Artinya, kita patut berbahagia, sebab menjadi yang langka, menjadi pembeda. Bahkan siapa tahu menjadi pelopor inovasi konten MPA seuniversitas.



Memang, pada mulanya banyak sanggahan dari pihak fakultas, ‘Anjangsana belum terlalu perlu dimasukan dalam rangkaian MPA’, katanya. Namun kami berteguh, justru lewat anjangsana inilah mahasiswa baru kami harapkan benar-benar menjangkau semua aspek yang sewajarnya diketahui mahasiswa dewasa ini, seperti materi-materi pilihan kami, antara lain UKT, beasiswa, peran mahasiswa, MEA, dan lain sebagainya.

Pasca MPA Jurusan
Pasca? Emang MPA Jurusan ada pasca-nya? Ng, nggak ada sih. Adanya hanya follow up dari kami selaku panitia dan kalian selaku maba bin peserta. Apa yang di-follow up? Adalah jarak antara kita, ikatan kekeluargaan kita. Jangan sampai timbul yang namanya senioritas, pun junioritas, ya. Nggak perlu lagi canggung apalagi takut ketika berpapasan dengan kita. Main aja ke HIMA. Pinjam buku, jajan, numpang ngadem dan numpang ngecharge ponsel pun silakan. Apa yang masih belum dapat kalian paham, tanyakan aja. Tanyakan aja. Pokoknya, jaga semangatnya sampai Leadership Training Camp, ya. See ya, there!




Dibalik itu semua............................................................................................

















You Might Also Like

1 comments

  1. whoaaa tampilan baru fresh banget! ditunggu update-nya, kakak! ^^

    BalasHapus

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung