PESONA MP 2015

9:04 AM










Pengabdian Sosial Anak Manajemen Pendidikan (PESONA MP)  merupakan salah satu program dari Departemen Advokasi Sosial HIMA MP FIP UNJ untuk mengenalkan dan menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian masyarakat. PESONA MP tahun ini mengambil tema Peduli Berbagi Menginspirasi Padamu Negeri (PELANGI PAGI), yang dilaksanakan di Kampung Jogjogan, Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

PESONA MP bertujuan agar mahasiswa dapat menumbuhkan kepedulian terhadap kondisi lingkungannya, dengan cara berkontribusi secara langsung dan memberikan manfaat yang nyata bagi pendidikan di daerah yang membutuhkan bantuan yang ditandai dengan keterbatasan fasilitas sekolah dan fasilitas pendukung pembelajaran.

Dalam acara pengabdian sosial ini, peserta mengikuti aktivitas warga desa yang dilakukan selama tiga hari dimulai dari hari Jumat hingga Minggu (tanggal 29, 30, dan 31 Mei 2015). Dalam satu kelompok, yang terdiri dari lima orang, akan tinggal bersama warga dalam satu rumah dan mengikuti aktifitas keluarga tersebut. Selain itu, peserta memberikan bantuan berupa seperangkat alat tulis untuk peserta didik di sekolah dasar sekitar, dan membersihkan musholla. Disana juga diadakan sharing dengan warga mengenai aktivitas dan kondisi kehidupan mereka disana.

Berangkat pada Jumat, 29 Mei 2015. Pengumpulan peserta dimulai pada jam 07.00-08.00 WIB di lobi kantor jurusan MP. Untuk selanjutnya mempersiapkan keberangkatan, melakukan pendataan ulang panitia dan peserta, serta barang bawaan individu dan kelompok agar tak ada yang tertinggal. Pelepasan keberangkatan dipandu oleh Ibu Nurhattati dengan menyampaikan sambutan.

Perjalanan ke lokasi dimulai jam 09.30 WIB sebab kami harus menunggu pak supir sarapan terlebih dulu ditambah beberapa panita yang harus menuntaskan urusan akademik. Dalam perjalanan menuju Jonggol, pak supir mengemudikan tronton melalui Citeureup sehingga kami harus melaksanakan sholat jumat di sela perjalanan.

Sekitar pukul 11.30 WIB sambil menunggu jamaah sholat jumat, peserta yang lain makan siang dan mendirikan sholat dzuhur, untuk kemudian pukul 13.20 WIB melanjutkan perjalanan kembali (kali ini dengan berjalan kaki). Sesampainya disana, panitia dan peserta dikumpulkan di mushola dan memastikan pembicara. Setelah itu, acara dimulai dengan pembukaan sambutan oleh Ustadz Ali, tokoh masyarakat pengganti dari Ketua RW yang berhalangan hadir.

Sekitar pukul 15.45-17.15 WIB kami melaksanakan sholat ashar berjamaah dilanjutkan dengan bersih-bersih musholla serta memberikan bingkisan untuk musholla. Selanjutnya, pengkondisian serta pembagian rumah yang akan ditempati panitia dan peserta, dan dilanjutkan dengan sharing-sharing aktivitas warga yang dilakukan dirumah masing-masing. Barulah sekitar pukul 21.00 WIB kami beristirahat di rumah masing-masing.

Pada hari kedua (Sabtu, 30 Mei 2015) aktivitas lebih banyak dilakukan diluar rumah. Seekitar pukul 04.00 pagi, masing-masing orang dalam satu rumah saling membangunkan untuk persiapan sholat subuh di rumah maupun di musholla.

Setelah itu, kami bersih-bersih rumah. Dan untuk pagi itu, setiap rumah menyiapkan sarapan masing-masing dan mempersiapkan diri untuk mengabdi ke sekolah. Pukul 08.30 WIB tepat kami tiba di Madrasah Ibtidaiyah JAMI’ATUL KHOER dan disambut dengan baik oleh murid pun oleh guru, serta kepala madrasah.

Seselesainya kami terjun ke dalam kelas untuk kemudian berbagi ilmu dengan adik-adik di sana dengan melakukan berbagai kegiatan yaitu mengajar, bermain games edukatif, dan mentutor keterampilan. Kami juga sedikit bebenah perpustakaan sekolah dan menyumbangkan beberapa eksemplar buku. Sekitar pukul 11.30 WIB, ketika matahari sedang terik-teriknya, proses belajar mengajar dihentikan karena banyak orang tua siswa yang sudah menjemput. Apa boleh buat? Toh, agendanya memang sudah selesai.

Kepala Madrasah dan Ketua HIMA MP memberikan sambutan-sambutan penutup serta ucapan terima kasih yang ditandai dengan pemberian secara simbolik  tanda terima kasih berupa plakat serta penyerahan segelintir sarana dan prasarana pendidikan (buku pelajaran, ATK, lemari, dsb).

Berhubung peserta mulai terlihat lelah, kami akhirnya kembali ke rumah masing-masing untuk istirahat, makan siang, dan sholat. Walau lelah tetapi kami tidak lupa menyempatkan diri untuk bermain ke sawah dan sungai serta mengabadikan setiap momen yang kami lakukan.

Pengabdian kami tidak berhenti begitu saja, pukul 16.30 WIB kami membersihkan lingkungan rumah warga, kemudian sholat maghrib dan melanjutkan kegiatan di Musholla (mengajar ngaji dan bermain hadroh). Pukul 20.00 kami pun kembali ke rumah untuk makan malam, sharing, dan ramah tamah dirumah masing-masing atau di rumah lain serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada (jika ada). Ketika hari semakin malam, kami pun pergi tidur.

Tak terasa sudah memasuki hari ketiga (Minggu, 31 Mei 2015). Seperti biasa kami melakukan persiapan sholat subuh berjamaah di rumah masing-masing atau di musholla. Pukul 05.00 WIB mempersiapkan sarapan dirumah masing-masing dengan bahan baku yang disiapkan kelompok.

Pengabdian di hari terakhir, tapi bukan berarti yang terakhir, yang kami lakukan yaitu mengikuti aktivitas kegiatan warga masing-masing rumah seperti pergi ke sawah atau sungai dan bersih-bersih rumah. Selesai sekitar pukul 10.45 WIB dan kemudian dilanjutkan hingga pukul 12.45 dengan makan siang bersama warga, yang diawali dengan sambutan wakil dari masyarakat Kampung Jogjogan dan ketua HIMA MP serta pemberian bingkisan dan sholat dzuhur berjamaah, kemudian diakhiri dengan penutupan doa.

Sebelum makan siang, kami sudah melakukan packing untuk pulang, sehingga pukul 13.15 WIB kami sudah siap untuk kembali berjalan kaki menempuh lika-liku jalan menuju tempat tronton terparkir. Alhamdulillah, kurang lebih pukul 17.30 WIB kami sudah sampai di Universitas Negeri Jakarta.

You Might Also Like

0 comments

Bagaimana Tampilan Website Terbaru HIMA MP?

Follow by Email

Total Pengunjung